Meraih Keajaiban Shalat Tahajud

Dalam sebuah hadis diceritakan bahwa awalnya shalat yang diwajibkan kepada umat Islam itu 50 waktu. Namun setelah Nabi Isra Mikraj, waktu shalat menjadi lima waktu saja. Hal ini tentu merupakan salah satu kemurahan Allah terhadap manusia, khususnya umat Islam.
Dengan shalat lima waktu saja, kalau benar-benar dilaksanakan dengan baik dan benar, maka manusia akan selamat dunia dan akhirat. Sayangnya, dalam Al-Quran juga ditegaskan bahwa sebenarnya Neraka Wail justru diperuntukkan bagi yang melaksanakan shalat. Pertanyaannya, shalat yang seperti apa? Yaitu, bagi mereka yang shalatnya Ialai.
Namun, sebagai perwujudan bagi orang yang bersyukur, seperti Nabi Muhammad Saw. yang tidak merasa cukup dengan ibadah shalat yang lima waktu, beliau kemudian merasa wajib untuk melaksanakan shalat malam atau tahajud. Walaupun shalat tahajud ini hukumnya sunnah, tetapi beliau tidak pernah meninggalkannya.Rasulullah memosisikan shalat tahajud ini begitu istimewa. Shalat ini memang bagi sebagian orang sangat berat, tetapi tidak bagi Rasulullah tidak. Karena shalat tahajud itu sunnah, kemudian banyak ditinggalkan oleh umat Islam. Namun Rasulullah lebih tahu, betapa pentingnya shalat tahajud. Banyak hikmah yang dapat diambil dari shalat tahajud.
Shalat tahajud memang memiliki keistimewaan dibandingkan shalat sunnah yang lain. Itulah alasan Rasulullah tidak pernah meninggalkannya. Shalat tahajud adalah shalat sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah tidur terlebih dahulu karena arti tahajud adalah bangun pada malam hari. Lebih utama shalat tahajud dilakukan pada sepertiga malam yang akhir, yaitu kira-kita mulai pukul 01.00 malam sampai menjelang masuk waktu shubuh berdasarkan hadis Nabi, Perintah Allah turun ke langit pada waktu tinggal sepertiga yang akhir dari waktu malam, lalu berseru, adakah orang-orang yang memohon (berdoa) pasti akan kukabulkan, adakah orang yang meminta, pasti akan kuberikan dan adakah yang mengharap ampunan, pasti akan kuampuni baginya sampai tiba waktu subuh.”
Jelas hadis ini bahwa waktu shalat tahajud adalah berada pada sepertiga malam terakhir. Karena itu, Rasulullah pun melaksanakannya pada waktu ini. Begitu pula para sahabat dan ulama, biasanya melaksanakan pada sepertiga malam terakhir.Namun, dalam keterangan lain ada yang menyebutkan bahwa sesungguhnya shalat tahajud bisa juga dilaksanakan setelah shalat isya. Jadi, ada yang membolehkan melaksanakan shalat tahajud ketika seseorang akan tidur dan setelah melaksanakan shalat isya. Sesungguhnya hal ini untuk mencegah takut-takut pada waktu sepertiga malam terakhir orang tidak bangun, atau ada hal-hal tertentu sehingga melaksanakannya lebih awal. Hanya saja, waktu shalat tahajud setelah shalat isya dan sebelum tidur, sesungguhnya tidak sesuai dengan keterangan lain yang menyebutkan bahwa shalat tahajud dilaksanakan ketika bangun malam. Itu artinya, shalat tahajud dilaksanakan setelah kita tidur terlebih dahulu. Karenanya, dalam keterangan lain disebutkan sebagai salah saw bentuk keutamaan dari bangun malam dengan berbagai keistimewaannya, seperti dibukanya pintu tobat serta segala doa dikabulkan Allah.
Shalat tahajud sebenarnya dapat dilaksanakan sedikitnya hanya dua rakaat, kemudian diakhiri dengan witir. Namun, lebih baik dan sunnahnya adalah selalu diawali dengan dua rakaat yang ringan dan diakhiri dengan shalat witir yang rakaatnya ganjil.
Shalat tahajud memang dalam banyak hadis diterangkan akan berbagai manfaat dan keistimewaannya. Dan berbagai keistimewaan itu tentu saja sangat sebanding dengan pengorbanannya tersebut. Ketika hari menjelang pagi, sepertiga malam terakhir, saat orang lagi terlelap tidur, ketika suasana sedang sepi, suhu sangat dingin dan waktu tidur sedang enak-enaknya, tctapi orang yang beriman kemudian melawan semua godaan itu hanya untuk bertemu dengan Allah. Sebuah pengorbanan yang tidak rnudah untuk dilakukan. Ketika manusia pada saat ini mengalami dilema dan perang batin yang sangat berat. Bahkan dalam hadis ditegaskan bahwa bangun malam seperti ini jauh lebih sulit daripada menghadapi musuh di medan perang. Di medan perang kita melihat jelas fisik musuh. Apa yang harus dilakukan untuk melum-puhkannya, bisa terlihat secara kasat mata.
Namun pada malam hari ketika tuntutan bangun itu datang, maka setan dengan sombongnya menggoda dengan berbagai cara, baik itu dingin, takut, maupun kantuk. Musuh itu ada di diri sendiri sehingga orang tidak banyak yang menyadari bahwa ada musuh di balik diri sendiri yang menghalangi seseorang untuk bangun dan berdiri menghadap Allah.
Selain dapat meningkatkan keimanan, shalat tahajud disyariatkan Allah karena ia mempunyai banyak hikmah dan keberkatannya. Allah menetapkan waktunya pada sepertiga malam terakhir karena suasana ketika itu amat hening, paling sesuai untuk beribadah, bertobat dan rnendekatkan diri kepadaNya. Hal ini ditegaskan oleh Allah dalam Surah AlMuzammil ayat 6 yang bermaksud, bahwa sebenarnya shalat dan ibadah malam lebih kuat kesannya (kepada jiwa) dan lebih tetap betul bacaannya.
Setelah shalat tahajud, hendaklah kita selalu memohon ampun kepada Allah. Pada setiap malam, Allah akan turun ke langit dunia. Bahkan Allah dalam Al-Quran menegaskan dalam salah satu ayatnya bahwa malaikat mendapat perintah langsung pada setiap malam untuk melakukan pemantauan terhadap manusia yang ada di bumi. Jika ada orang yang terjaga dan bertahajud pada sepertiga malam, Allah akan mengabulkan permintaannya.
Oleh karena itu, kesempatan inilah sesungguhnya yang hams diraih manusia lewat shalat malam atau tahajud. Orang yang selalu shalat tahajud hatinya bersih, suci, hubungan dengan Allah cukup kuat, patuh pada perintah Allah, dan dikasihi Allah.
Pustaka
Mukjizat Sholat Malam For Teens By H.Roni Tabroni

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s