Indonesia Negara Ketiga Rawan Bencana

Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, berada pada pertemuan tiga lempeng utama dunia yakni lempeng Indo Australia, Eurasia dan Pasifik. Kondisi ini membuat negara ini sangat berpotensi dilanda gempa bumi dan berujung tsunami.

Indonesia juga mempunyai 129 gunung api aktif, 80 diantaranya berbahaya. Bencana alam lainnya yang seringkali melanda Indonesia adalah tsunami, angin topan, banjir.

Mengantisipasinya, dilaksanakan Asean Regional Forum Disaster Relief Exercise (ARF DiREx). Forum ini dibentuk sebagai latihan antisipasi terjadi bencana gempa dan tsunami. Tahun ini, Indonesia menjadi tuan rumah dan pelaksanaannya akan digelar di Manado, Sulawesi Utara (Sulut) 13-19 Maret mendatang.

Mengenai persoalan bencana, Menteri Komunikasi dan Informasi, Tifatul Sembiring mengatakan, data yang ada menyebutkan 60 persen bencana di dunia terjadi di Asia. Dan Indonesia berada pada urutan ke tiga paling rawan bencana di Asia. “Setelah Cina dan Filipina,” katanya saat jumpa pers di kantor Menkominfo, Rabu (2/3).

Ia menambahkan, latihan antisipasi bencana dalam ARF DiREx ini ditujukan untuk mempersiapkan penanganan darurat bencana gempa bumi dan tsunami. “Dapat dimanfaatkan untuk menguji kesiapan nasional dan negara peserta dalam penanganan bencana yang melibatkan bantuan asing,” terangnya.

Tifatul menerangkan, setiap pelaksanaan ARF DiREx, negara berkembang akan didampingi negara maju. “Kali ini, Indonesia akan didampingi Jepang sebagai ketua bersama,“ katanya.

“Ini sangat urgent bagi kita dalam mengantisipasi terjadinya bencana. Bila ada kejadian, negara-negara anggota bisa saling membantu,” katanya.

Menkokesra Agung Laksono yang ikut hadir dalam jumpa pers mengatakan, Indonesia telah siap menjadi tuan rumah. “Indonesia, bersama Jepang menjadi ketua bersama dalam kegiatan internasional ini,” kata Agung.

Ia menambahkan, kegiatan yang menelan biaya sekitar Rp63 miliar ini merupakan momentum sangat penting karena bertepatan dengan ditetapkannya Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono sebagai ketua ASEAN.

Pelaksanaan ARF DiREx akan dilaksanakan di Sulawesi Utara meliputi pulau Bunaken, Siladen, Mantehage, pesisir Maasing, bandara Sam Ratulangi, kecamatan Wori (Minut), dan Pelabuhan Bitung.

Sumber ;
http://www.jpnn.com/read/2011/03/03/85634/Indonesia-Peringkat-Tiga-Paling-Rawan-Bencana-

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s