Gizi Buah Sirsak

Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, namun demikian paling banyak ditanam di daerah yang cukup air. Tanaman sirsak ini ditanam secera komersial untuk diambil daging buahnya. Perbanyakan tanaman sirsak bisa dilakukan dengan biji atau dengan okulasi.

Sirsak merupakan jenis tumbuhan pohon berbatang utama berukuran kecil dan rendah. Daunnya berbentuk bulat telur agak tebal, pada permukaan bagian atas yang halus berwarna hijau tua, sedangkan pada bagian bawahnya mempunyai warna lebih muda. Jika diremas daunnya akan rnengeluarkan aroma cukup menyengat.

Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter. Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1.000 meter di alas permukaan laut (mdp1). Buah sirsak memiliki ukuran cukup besar, yakni sekitar 20 hingga 30 cm dengan berat rata-rata mencapai 2,5 kg.

Untuk memperoleh hasil bush yang banyak dan besar, maka paling baik tumbuhan sirsak ditanam di daerah yang tanahnya cukup air. Pengembangbiakan sirsak yang paling baik adalah dengan okulasi dan akan menghasilkan buah pada usia 4 tahunan setelah ditanam.

Yang dinamakan ‘buah’ dalam Sirsak sebenarnya adalah kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berhimpitan dan ‘kehilangan’ batas antar buah. Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah ini sering digunakan untuk bahan baku jus minuman dan es krim.

Buah sirsak adalah buah yang mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin Bl, dan vitamin B2. Bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami, seperti juga biji srikaya.

Apakah anda tahu jika di balik kesegaran dan kelezatan buah sirsak ternyata tersimpan bermanfaat obat bagi tubuh? Semuanya karena kandungan zat atau senyawa yang ada di dalamnya.

Untuk mengobati ambeien, sediakan saja buah sirsak yang sudah masak di pohon. Lalu peras buah sirsak untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas. Jika anda menderita sakit kandung air seni, cukup ambil buah sirsak setengah masak, gula dan garam secukupnya. Semua bahan dimasak dibuat kolak, atau dimakan biasa.

Sirsak juga bermanfaat untuk mengobati bayi mencret. Caranya sediakan buah sirsak masak dan diperas, lalu disaring untuk diambil airnya, diminumkan pada bayi yang mencret 2-3 sendok makan. Untuk sakit anyang-anyangen, cukup rebuslah sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya. Air rebusan diminum.

Sudah tahu kan kandungan dan manfaat dari buah sirsak? Buah ini juga bisa langsung dikonsumsi sebagai pencuci mulut, dijus sebagai minuman segar, atau menjadi olahan makanan lainnya, seperti selai atau es krim. Yang tidak kalah penting adalah manfaatnya bagi kesehatan tubuh anda.

Sekarang tinggal bagaimana menyikapi buah yang lezat dan bergizi ini. sayang bukan, kalau hanya untuk makanan ternak saja, mengingat kandungan gizi yang sedemikian besar.

Pustaka
9 Buah & Sayur Sakti Tangkal Penyakit Oleh Agus Suwarto

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s