Manfaat Daun Dan Akar Bayam

Sayuran berdaun hijau adalah sumber lutein dan folate yang hebat, yang membantu mencegah penyakit jantung dan bayi lahir cacat. Selain itu, sayur bayam juga memberikan zat besi pencegah anemia.

Sayur bayam pun memiliki khasiat untuk mencegah hilangnya penglihatan akibat usia yang menua (macular degeneration), katarak, kanker, tekanan darah tinggi, dan bayi lahir cacat. Tingkatkan penyerapan tubuh terhadap mineral dengan memasak bayam bersama dengan sayuran lain yang kaya vitamin C.

Apakah anda tahu jika bayam merupakan jenis tanaman yang bisa dijadikan sebagai obat tradisional berkhasiat ? Hal ini bisa disimpulkan karena bayam mengandung sejumlah zat yang bermanfaat bagi tubuh. Bagian tanaman dari bayam yang digunakan adalah daun dan akar.

Untuk obat yang diminum, biasakan menggunakan daun segar, lalu rebus dan dimakan sebagai lalap. Selain direbus, bayam dapat juga dibuat jus. Untuk pemakaian luar, giling daun bayam segar sampai halus, lalu tempelkan pada tempat yang sakit.

Contoh pemakaian bayam bagi kesehatan: untuk meningkatkan kerja ginjal, sediakan saja bayam secukupnya, lalu buatlah sebagai sayur atau bisa juga dibuat jus. Untuk membersihkan darah sehabis bersalin juga bisa. Caranya sama, dibuat sebagai sayur dalam bentuk sayur bening.

Untuk kurang darah. Cuci tiga genggam daun bayam, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan satu sendok makan air jeruk nipis, lalu saring. Tambahkan satu sendok makan madu dan sebutir kuning telur ayam kampung dan aduk sampai rata, kemudian ramuan ini diminum.

Jika anda terserang disentri. Cuci 10 batang akar bayam merah sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan garam halus seujung sendok teh sambil diaduk rata. lalu saring, Untuk pengobatan, minum air saringnya sekaligus.

Memperkuat akar rambut Cuci satu ikat daun dan batang bayam segar sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus.Tambahkan gararn halus seujung sendok teh sambil diaduk rata. Selanjutnya, peras dan saring, lalu minum sekaligus. Lakukan 2-3 kali seminggu.

Penderita kadar asam urat darah yang cukup tinggi dan rematik dilarang mengonsumsi bayam telalu banyak karena sayur ini mengandung purin yang cukup tinggi. Di dalam tubuh, purin akan dimetabolisir menjadi asam urat.

Sudah tahu kan manfaat mengkonsumsi bayam. Dapatkanlah khasiat obat tradisional dari tanaman obat bayam dengan mudah bila anda berinisiafif untuk menanam sendiri di rumah anda, bisa tanam di depan rumah atau di kebun belakang.

Pustaka
9 Buah & Sayur Sakti Tangkal Penyakit Oleh Agus Suwarto

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Manfaat Daun Dan Akar Bayam

  1. Anang Prasetio says:

    Sebenarnya manfaat bayam lebih banyak lagi dan lebih baik dikonsumsi dengan cara dibuat jus dan dikonsumsi sebelum tidur,apalagi dicampur dengan madu

  2. sita l0ve family and friend's says:

    bagus bnget artkelny, .thx yahc,info.ny
    and moga slalu bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s