Sekilas Tentang Lemak Dan Karbohidrat Makanan

Seperti telah lama diketahui, untuk keperluan menjalankan seluruh fungsi tubuh seperti bergerak dan bekerja dibutuhkan energi. Energi yang diperlukan tubuh ini didapat dari makanan sehari-hari, khususnya dari zat gizi sumber tenaga yaitu karbohidrat dan lemak (lipid). Sebagai sumber energi, lemak memberikan kalori yang paling tinggi, yaitu satu gram lemak menghasilkan 9 kalori, sementara karbohidrat hanya menghasilkan 4 kalori.

Lemak yang kita makan terdiri dari kolesterol, lemak jenuh dan lemak tidak jenuh yang fungsi dan kegunaannya di dalam tubuh berbeda-beda. Kolesterol hanya terdapat pada makanan yang berasal dari hewan dan kandungan kolesterol yang tinggi didapat pada daging berlemak, otak, kuning telur, kulit unggas, dan jeroan. Sedangkan makanan berasal nabati seperti santan, minyak kelapa, minyak sawit, kacang-kacangan seperti kacang tanah, serta makanan yang berasal dari sayuran dan biji-bijian, tidak mengandung kolesterol. Makanan tadi hanya mengandung lemak jenuh maupun lemak tidak jenuh.

Berbeda dengan lemak makanan, maka karbohidrat lebih diutamakan sebagai makanan sumber energi. Karena, hanya karbohidrat dari makanan yang dapat meningkatkan kadar glukosa darah. Glukosa, dengan bantuan insulin, akan masuk ke dalam sel tubuh dan selanjutnya diproses menjadi energi yang akan digunakan tubuh untuk menjalankan seluruh aktivitasnya. Seperti misalnya menjaga temperatur tubuh, tenaga untuk berjalan, kekuatan untuk berteriak, dan sebagainya. Bila karena sesuatu hal, seperti pada penderita kencing manis (diabetes mellitus), dimana produksi insulinnya berkurang atau insulin yang ada tidak bisa bekerja optimal (terjadi resistensi insulin) maka kadar glukosa darah yang tinggi tidak dapat dimasukkan ke dalam sel untuk diproses menjadi energi. Akibatnya, cadangan lemak yang ada di bawah kulit akan diproses oleh tubuh untuk dibakar guna menghasilkan energi.

Ada dua jenis karbohidrat, yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Disebut karbohidrat sederhana karena mempunyai komposisi kimia yang sangat sederhana. Bila golongan karbohidrat ini dikonsumsi, maka penyerapannya dari saluran cerna dan masuk ke dalam aliran darah sangat cepat sekali sehingga kadar glukosa darah segera melonjak naik. Contoh karbohidrat sederhana antara lain glukosa, gula pasir, gula aren, madu, serta produk olahannya seperti sirup, permen, selai, manisan buah, dodol, gemblong, dan sebagainya. Karbohidrat sederhana ini sebaiknya dibatasi konsumsinya, bahkan pada orang gemuk (obese) dan penyakit tertentu seperti penderita kencing manis (diabetes mellitus) dan kadar trigliserida darah yang tinggi harus dihindari. Pada karbohidrat kompleks, unsur-unsur yang dikandungnya lebih banyak, termasuk serat. Nilai gizinya pun lebih tinggi karena mengandung lebih banyak vitamin dan mineral. Yang tergolong karbohidrat kompleks antara lain golongan kacang-kacangan, biji-bijian, umbi, dan sayur-mayur seperti nasi, kentang, ubi, roti, mie, dan bihun. Golongan karbohidrat kompleks perlu dicerna terlebih dahulu sebelum akhirnya diserap dan masuk ke aliran darah berupa glukosa. Waktu yang dibutuhkan untuk mencerna karbohidrat kompleks lebih lama daripada karbohidrat sederhana sehingga meningkatnya kadar glukosa darah lebih lama dan tidak melonjak sekaligus.

Energi yang dihasilkan oleh sel tubuh dari glukosa tadi, bila tidak digunakan seluruhnya maka kelebihannya akan diproses menjadi glikogen yang disimpan di hati, atau menjadi trigliserida yang ditimbun dalam jaringan lemak di bawah kulit sebagai cadangan energi tubuh.

Pustaka

36 Resep Tumb u/ Menurunkan Kolesterol Oleh dr. Setiawan Dalimartha

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s