Mengapa Kita Harus Sarapan Pagi

Banyak di antara kita, khususnya ibu-ibu dan anak-anak, tidak terlalu menganggap penting sarapan pagi. Makan pagi hanya sekadarnya, oleh karena sarapan pagi dianggap tidak terlalu penting. Padahal, sebenarnya sarapan pagi itu sangat penting. Mengapa?

Ketika kita bangun tidur, perut kita sebenarnya sudah kosong sebab makan terakhir pada malam hari sebelumnya. Mungkin enam sampai delapan jam sebelumnya, yaitu ketika kita makan malam sebelum tidur. Makanan itu bahkan sudah saatnya harus kita keluarkan. Padahal, untuk memulai pekerjaan ataupun sekolah, kita memerlukan energi yang banyak, yang hanya akan kita peroleh dengan makan (sarapan) pagi itu. Tanpa sarapan pagi yang memadai, mungkin kita akan kurang bergairah bekerja ataupun belajar di sekolah. Sebab, tanpa energi masuk melalui makanan kita sudah tentu kita akan kekurangan energi sehingga kurang bersemangat.

Karena itu, di antara makan yang paling penting, sarapan pagi (sebenarnya) menduduki tempat yang terpenting. Hal ini dengan pertimbangan bahwa di pagi hari itu perut kita sudah kosong, sementara di pagi hari itu kita juga menjelang belajar atau bekerja, di mana tubuh kita memerlukan banyak energi untuk kegiatan kita. Tanpa persediaan energi yang cukup, kita tidak bisa bekerja ataupun menangkap pelajaran dengan baik, bahkan mungkin kita akan lemas dan mengantuk.

Karena itu, ada sebuah teori yang justru menganjurkan makan pagi yang banyak.

Makan siang ataupun makan malam tidak perlu banyak sebab kegiatan yang akan kita hadapi juga tidak banyak. Sarapan pagi dengan tujuan untuk menghimpun energi oleh karena banyaknya kegiatan yang akan kita hadapi, baik bagi mereka yang bekerja maupun bagi yang menuntut ilmu.

Dengan tips singkat seperti ini, mudah-mudahan kita tidak melupakan pentingnya sarapan pagi agar kita bisa menghadapi hari-hari kita dengan segar, oleh karena kita kecukupan energi dan sarapan pagi kita karena itu, beta-papun singkatnya waktu yang mungkin kita mliki, sarapan pagi hendaklah dipersiapkan dengan baik-baik sehingga kebutuhan energi kita sehari itu dapat dipenuhi. Hanya dengan cara seperti itu, kita dapat bekerja dengan baik dan belajar dengan baik pula.

Pustaka
Scrambled Egg is Delicious Oleh nunuk Murdiati Sulastomo

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s