Relaksasi Dan Kesuburan

Stres dan kecemasan bisa menunda pembuahan, jadi sangat penting bagi Anda untuk mendapatkan cukup istirahat dan relaksasi setiap hari. Olahraga juga penting dilakukan sebelum pembuahan. Aktivitas fisik ringan tidak hanya berguna bagi kesehatan, tetapi juga dapat meringankan stres dan ketegangan. yang akan membantu menjaga hormon dan siklus menstruasi Anda tetap normal.

Olahraga
Lakukan tiga atau empat sesi olahraga selama 30 menit dalam seminggu. Berjalan-jalan dan berenang adalah pilihan yang tepat bagi wanita yang sedang hamil atau yang sedang merencanakan kehamilan, karena bisa dilakukan dalam waktu lama tanpa menyebabkan Anda merasa terlalu lelah. Namun, jangan terlalu memaksakan diri. Pastikan Anda mengombinasikan program olahraga dengan pola makan sehat dan minum banyak air.

Tidur
Kuantitas tidur yang kita butuhkan tergantung pada usia. kesehatan. dan kondisi fisik. Sebagian besar orang dewasa membutuhkan sekitar delapan atau sepuluh jam untuk tidur. Tidur yang teratur dan berkualitas adalah syarat utama untuk selalu sehat. Saat tidur, tekanan darah menurun. Sistem-sistem perbaikan tubuh akan bekerja dengan lebih cepat dan efisien saat kita tidur. Selain itu. sistem pembuangan alami tubuh (hati, ginjal, dan sirkulasi darah) bisa melakukan tugas-tugas tanpa harus memproses racun-racun tambahan dari udara luar atau dari makanan yang kita konsumsi.

Untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan tidur yang berkualitas, cobalah langkah-langkah berikut:

• Lakukan kebiasaan tidur yang baik. Tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap hari, bahkan ketika Anda mengalami malam yang berat sekali pun.

• Makanlah makanan terakhir Anda paling tidak tiga jam sebelum tidur. Anda bisa makan makanan kecil sebelum tidur. bila perlu.

• Hindari mengonsumsi stimulan di sore hari. seperti teh. kopi, alkohol, atau nikotin. Minumlah minuman yang mengandung susu sebelum tidur untuk membantu Anda tertidur.

• Pastikan kamar tidur Anda memiliki sirkulasi udara yang baik – biarkan jendela sedikit terbuka di malam hari.

• Bereskan barang-barang yang berantakan. seperti komputer, TV, koran, atau kertas-kertas kerja dari kamar tidur Anda. Apabila Anda tidak bisa mengeluarkannya, tutupi dengan kain.

• Pastikan tempat tidur bisa menopang tubuh Anda dengan baik, dan tidak terlalu keras.

• Usahakan tidak membicarakan hal-hal yang berat sebelum tidur – tunda hingga keesokan harinya.

• Apabila Anda tidak bisa tidur, bangunlah dan pindah ke kamar lain. Cobalah beberapa menit lagi atau ketika Anda sudah merasa mengantuk.

Mencapai Ketenangan
Relaksasi dan ketenangan adalah elemen-elemen penting dalam perawatan sebelum pembuahan. Beberapa psikolog mengatakan bahwa kebahagiaan bisa diraih jika terdapat tiga elemen dasar: hubungan yang baik. pekerjaan, dan harapan. Ketiganya adalah tujuan-tujuan penting yang perlu dicapai tetapi bagaimana pun keadaannya. Anda tetap bisa mencapai ketenangan.

Satu langkah penting untuk mencapai ketenangan adalah dengan mengatasi masalah, kekhawatiran. dan dilema yang sedang Anda alami. Apabila Anda merasa gelisah mengenai hidup Anda. buatlah daftar semua hal yang membuat Anda khawatir. Masukkan semua hal tersebut dalam beberapa kategori: praktis. tinansial: emosional, keluarga. dan lain-lain.

Sekarang. pertimbangkan bagaimana Anda mengatasi kekhawatiran-kekhawatiran tersebut. Masalah yang dibiarkan berlarut-larut akan menghancurkan dan melemahkan semangat hidup Anda: akan jauh lebih baik jika Anda menghadapinya. dan berusaha bersikap tenang. Apabila Anda kewalahan dengan masalah tertentu. mungkin Anda membutuhkan konsultasi dengan seorang ahli terapi.

Pustaka

Meningkatkan kesuburan untuk kehamilan alami: memperbesar peluang anda untuk ... Oleh Anne Charlish

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s