Jitu Hadapi Krisis Dengan Bisnis

Di masa krisis, banyak orang merasakan bahwa pemenuhan kebutuhan hidup jadi semakin sulit. Jika sebelumnya Anda masih bisa memenuhi berbagai macam kebutuhan hidup, maka ketika krisis datang Anda mulai kesulitan memenuhi berbagai kebutuhan. Tak jarang, banyak orang bahkan kehilangan pekerjaan. Sementara bagi yang masih bekerja dan beruntung pendapatan bulanan dinaikkan, tetap saja tak bisa mengimbangi melambungnya harga barang.

Pada kondisi ini biasanya kita mulai mengetatkan ikat pinggang. Alokasi (Dana untuk kebutuhan yang tak terlalu mendesak mulai dikurangi. Alhasil, kebutuhan akan hiburan atau pergi berlibur, pembelian sandang, bahkan bahan-bahan masakan pun dipangkas. Tak hanya kuantitas, juga kualitas.

Antisipasi terhadap krisis tak selesai pada aksi berhemat saja. Tabungan jangka panjang sebagai garda terakhir cadangan uang pun dibobol pelan-pelan. Pasalnya, Anda harus membiayai pendidikan anak-anak Anda, membayar cicilan rumah, asuransi, dan sebagainya.

Berhemat sudah, membobol tabungan juga sudah, namun kebutuhan keluarga masih saja tak bisa terpenuhi. Apa lagi yang bisa dilakukan?

Menunda realisasi mimpi dan rencana. Kadang rencana-rencana yang mempengaruhi kehidupan dan membutuhkan biaya besar seperti menikah, membeli tempat tinggal, memasukkan anak ke sekolah favorit, atau memiliki anak jadi tertunda karna krisis yang melanda. Apalagi ketika ada kebutuhan lain yang mendadak dan mendesak untuk dipenuhi. Misalnya saja, ketika salah satu anggota keluarga sakit atau kecelakaan. Walaupun ada tunjangan dari perusahaan, ternyata tetap tak cukup untuk menutup biaya perawatan yang datang tanpa diduga.

Karena adanya kebutuhan-kebutuhan lain yang tiba-tiba sulit terpenuhi, seorang karyawan tentu membutuhkan penghasilan tambahan. Di titik ini, bisnis sampingan menjadi alternatif penghasilan tambahan. Tak hanya bisa menyelamatkan kondisi keuangan, seringkali keuntungan yang didapat dari bisnis sampingan malah melebihi pendapatan yang Anda sebagai karyawan.

Ada banyak alternatif kerja sambiIan yang bisa di lakukan oleh seorang pekerja kantoran. Namun sebelum memulai bisnis ini, sadarilah bahwa akan ada perbedaan dalam hidup Anda. Perbedaannya terdapat pada waktu dan tenaga yang dikeluarkan. Kadang Anda perlu meluangkan waktu dan tenaga yang lebih banyak untuk merawat bisnis Anda.

Beberapa jenis bisnis sampingan membutuhkan modal yang cukup besar, misalnya usaha kos-kosan. Untuk membangunnya, Anda membutuhkan modal yang cukup untuk membeli tanah, membangun ruangan, dan menyediakan furnitur di dalam kamar kos. Selain itu ada beberapa usaha yang bisa dijalankan dengan modal yang kecil. Misalnya saja, dengan menjalankan usaha pulsa elektronik, menjadi pengajar bimbel, atau menjadi penulis.

Ada banyak jenis pekerjaan sambilan, dan Anda bebas memilih salah satunya. Agar bisnis sampingan Anda kelak bisa bekerja secara optimal, carilah pekerjaan yang mcnurut Anda cocok untuk dilakukan dan sesuai dengan kemampuan ekonomi Anda. Sesuaikan saja pekerjaan itu dengan kemampuan, modal yang dimiliki, dan jadwal kerja, agar Anda bisa menjalankan pekerjaan sambilan itu dengan efektif. Jika perlu, mintalah bantuan keluarga, teman, atau carilah karyawan sehingga tenaga Anda tidak terkuras seluruhnya.

Persiapkan mental dengan matang sehingga Anda siap menghadapi perubahan kondisi dari seorang karyawan biasa menjadi seorang karyawan dengan pekerjaan sambilan.

Beberapa orang mungkin saja merasa tidak siap sehingga saat melakukan pekerjaan sambilan, ia merasa terbebani oleh pekerjaan dan tanggung jawab barunya.

Karena itu, sebelum menjalankan usaha sambilan, sadarilah bahwa Anda akan menghadapi kondisi yang baru, kemudian persiapkanlah diri Anda untuk menyesuaikan diri dengan kondisi-kondisi yang baru pula. Jangan lupa juga membuat rencana anggaran dan estimasi perputaran uang sehingga Anda tidak terbelit masalah finansial justru ketika baru memulai bisnis.

Pustaka
Jadi Jutawan Dari Bisnis Sampingan Oleh Cvicynthia

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s