Bekerja Keras, Bekerja Cerdas

Perubahan akan terjadi ketika Anda sudah memutuskan untuk melakukan pekerjaan sampingan. Konsekuensi logis ketika Anda bekerja sampingan adalah soal waktu. Setelah Anda bekerja sambilan, bisa saja pekerjaan kantor Anda menjadi terbengkalai, atau bisa juga sebaliknya. Jika Anda tidak siap dan kebingungan, bisa-bisa keduanya malah menjadi hancur. Sebaliknya, kemampuan Anda menjalankan kedua pekerjaan dengan baik, akan membawa peningkatan pada usaha yang sedang Anda jalani.

Beberapa pegawai mungkin bekerja dengan perusahaan yang mengharapkan loyalitas Anda sepenuhnya. Anda tidak boleh membagi hati Anda pada yang lain. Jadi, Anda disarankan atau bahkan dilarang untuk bekerja di luar urusan perusahaan. Untuk mereka yang dilarang, mungkin memutuskan untuk menjalankan usaha lain secara diam-diam agar tidak kena sanksi. Namun, bersiaplah atas segala konsekuensi yang diberikan perusahaan apabila bisnis lain Anda diketahui oleh perusahaan. Pilihlah jalan terbaik menurut Anda jika Anda harus memilih antara pekerjaan kantor dan pekerjaan sambilan.

Selain itu, fasilitas kantor seperti internet dan telepon memang bisa digunakan untuk alat Bantu usaha sampingan Anda. Bagaimanapun, Anda mendapatkannya secara cuma-cuma. Tapi, sebagai karyawan yang baik, jangan gunakan fasilitas tersebut untuk kepentingan Anda sendiri terlalu sering. Utamakan memakai fasilitas untuk kepentingan kantor, bukan untuk kepentingan bisnis sampingan Anda. Jadilah karyawan yang profesional dalam pekerjaan Anda baik di kantor maupun di bisnis sampingan Anda.

Membagi waktu antara pekerjaan kantor dan sambilan pun menjadi penting. Anda bisa saja mengambil waktu lembur Anda menjadi waktu untuk kerja sambilan.Tanpa waktu yang cukup, Anda akan kesulitan menjalankan bisnis sampingan.

Oleh karena itu, beberapa orang membutuhkan asisten kerja atau karyawan untuk menguasai perusahaannya.

Bersikaplah bijak dalam mengambil keputusan baik dalam pekerjaan kantor maupun memulai pekerjaan sambilan. Saat Anda mulai berencana untuk membangun usaha sendiri „rida bisa saja merasa lebih berkuasa karena Anda bisa membuat keputusan sendiri dengan bebas tanpa campur tangan orang lain. Sangat mungkin, nantinya Anda malah merasa lebih menyukai pekerjaan sambilan Anda daripada pekerjaan kantor. Setelah Anda bekerja sambilan, Anda bisa saja menjadi terlalu santai dalam pekerjaan kantor karena tanpa sadar Anda merasa sudah ada pengganti atau tambahan sumber pendapatan jika Anda dipecat dari pekerjaan.

Dalam melakukan pekerjaan sambilan, akan ada banyak tenaga dan pikiran yang harus Anda sisihkan. Aturlah waktu sebaik-baiknya. Tak perlu memforsir diri dalam bekerja. Sediakan pula waktu untuk libur sehingga Anda bisa menyegarkan kembali pikiran dan tubuh Anda dari berbagai kegiatan yang ada.

Pustaka

Jadi Jutawan Dari Bisnis Sampingan Oleh Cvicynthia

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s