Menjaga Kesehatan Hati

Hati sungguh-sungguh perlu dijaga kesehatannya. Jika hati terkena infeksi atau radang dan menjadi cirrhosis hepatis(pengerasan hati), hampir dapat dipastikan nyawa kita sulit untuk dipertahankan. Berikut ini langkah untuk menjaga hati agar tetap sehat.

1. Istirahat cukup 6-8 jam sehari. Istirahat cukup akan memberi kesempatan tubuh memulihkan diri melalui pengembalian tenaga, penggantian protein yang rusak, membentuk sel darah baru, dan membentuk antibodi yang diperlukan. Badan kurang istirahat akan membuat tubuh lemah terhadap serangan virus hepatitis.

2. Jangan terlalu gila kerja atau workalholic. Gila kerja akan membuat tubuh lemah jika sampai menyebabkan tuba sangat kurang beristirahat.

3. Jangan jajan sembarangan. Jajanan yang tidak higienis merupakan tempat bersarangnya virus hepatitis.

4. Jangan tukar-menukar sikat gigi, tempat makan dan minum dengan orang lain. Hal ini untuk mencegah penularan virus hepatitis.

5. Tidak minum-minuman alkohol, terutama dari golongan di atas 5%, atau whisky yang mempunyai kandungan alkohol 40-45%. Whisky cenderung merusak hati menjadi jaringan ikat, yang dikenal sebagai cirrhosis hepatis dan juga mengiritasi lambung.

6. Jika sudah terkena hepatitis, obati dengan sempurna dan ikuti anjuran dokter dengan saksama sebab kalau tidak bisa berbahaya. Sebagai contoh, jika hepatitis B tidak disembuhkan sempurna dalam waktu 10 tahun, dapat berkembang menjadi cirrhosis hepatis, yang di kemudian hari dapat menjadi kanker hati.

7. Jangan minum obat bersamaan dengan kopi atau alkohol. Hal ini akan menyebabkan hati mengalami keracunan yang dapat menyebabkan kematian!

8. Jangan minum obat dengan dosis sembarangan. Beberapa jenis obat jika diminum dalam jangka waktu lama dan terlalu sering (misalnya parasetamol) dapat memicu kelainan hati.

9. Kurangi paparan dari zat kimia. Jika terpaksa bekerja dengan paparan zat kimia, gunakan pelindung dan netralisasi dengan minum susu.

10. Boleh sesekali minum jamu temulawak untuk membantu menjaga kesehatan hati. Temulawak mengandung curcumin yang ditengarai bersifat hepatoprotektif atau melindungi hati.

11. Perbanyak makan buah dan sayur. Kekurangan vitamin dan mineral ditengarai juga mempermudah timbulnya penyakit hati (sirosis/ cirrhosis).

Pustaka

* Health Quotient:Cerdas Kshtn U/ Ekskut Oleh TA Tatag Utomo

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s