Jus Untuk Pertumbuhan Dan Kecerdasan Anak

Kekurangan mineral mikro pada anak akan menurunkan daya tahan tubuh, sehingga kuman penyakit mudah menyerang dan kesehatan anak menjadi terganggu. Karena itu, diperlukan gizi yang baik untuk meningkatkan pertumbuhan fisik, perkembangan mental, dan melindungi kesehatannya. Kesehatan manusia atau anak pada khususnya terletak pada seberapa kuat daya tahan tubuh yang dimiliki seseorang.

Ketika kita membicarakan tentang buah dan sayur maka tidak boleh lepas dari kecukupan gizi dari karbohidrat, protein, dan lemak. Ketiga unsur ini sangat berperan dan saling terkait satu sama lain. Demikian juga pekerjaan masing-rnasing berkaitan dengan mineral dan vitamin, saling menopang dan melengkapi. Fungsi protein sepertinya dominan sebagai bahan pengangkut zat gizi dari saluran cerna melalui dinding saluran cerna ke dalam darah, dari darah ke jaringan-jaringan, dan melalui membran sel ke dalam sel-sel. Berikut protein khusus yang mengangkut zat-zat tertentu.
– Lipoprotein mengangkut lemak.
– Protein pengikat retinol mengangkut vitamin A.
– Transferin mengangkut mangan dan zat besi.

Keberadaan vitamin C akan membantu penyerapan zat besi, sehingga kebutuhan zat besi sebagai pembentuk hemoglobin bagian dari sel darah merah dapat terpenuhi. Vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium, sedangkan lemak membantu transportasi dan penyerapan dari vitamin larut lemak yaitu vitamin A, D, E dan K.

Ada juga bagian dari makanan yang sifatnya menghambat penyerapan zat lain, misalnya keberadaan kalsium menghambat penyerapan zat besi, adanya seng yang berlebih dalam darah menghambat penyerapan tembaga. Mengonsumsi serat yang lebih dari 35 gram per hari akan menghambat penyerapan kalsium, zat besi, seng, dan mangan. Asam fitat dalam kacang panjang dan asam oksalat yang ada di bayam bersifat demikian. Karena itu, anak-anak tidak dianjurkan mengonsumsi serat berlebihan. Hal ini disebabkan, anak-anak masih membutuhkan mineral- mineral tersebut untuk pertumbuhan.

Jus untuk sehari hari bisa berupa buah tunggal atau dicampur supaya bisa lebih bervariasi dan menghindari anak menjadi bosan. Untuk buah-buah tertentu yang memiliki sedikit rasa getir atau bau yang sedikit langu bisa ditambahkan perasan jeruk nipis. Jeruk nipis juga bermanfaat untuk mempertahankan warna tetap segar, seperti apel dan pisang setelah selesai diblender yang cepat berubah warna menjadi, sehingga memberi kesan tidak menarik. Karena itu, jeruk nipis bisa dipakai untuk mempertahankan warna buah aslinya. Madu digunakan untuk menambah rasa menjadi lebih manis.

Meningkatkan Kecerdasan

a. Jus Kabuwor

Bahan
20 gram kacang panjang, 50 gram buncis, 30 gram wortel, Madu secukupnya

Cara Membuat
Cuci bersih semua sayuran dan haluskan menggunakan juice extractor. Tambahkan madu sesuai selera, aduk rata. Sajikan.

b. Jus Wortel Apel

Bahan
50 gram wortel, 50 gram apel, Madu secukupnya

Cara Membuat
Cuci bersih wortel dan apel, lalu haluskan menggunakan juice extractor. Tambahkan madu sesuai selera. Sajikan.

c. Jus Avokado

Bahan
100 gram avokad ambil daging buahnya, Madu secukupnya, 100 ml air matang

Cara Membuat
Campurkan avokad dan air, lalu haluskan menggunakan blender. Tambahkan madu sesuai selera, aduk rata.

d. Jus Woatom

Bahan
30 gram wortel, 30 gram apel, 30 gram tomat, Madu secukupnya

Cara Membuat
Cuci bersih dan potong-potong semua bahan, lalu haluskan menggunakan juice extractor. Tambahkan madu sesuai selera, aduk rata. Sajikan.

Penunjang Pertumbuhan

Pertumbuhan anak sangat ditentukan oleh makanan yang dikonsumsi. Kebutuhan kalori, protein, dan lemak menjadi yang utama. Walaupun kebutuhan vitamin dan mineral yang jumlahnya sedikit juga tidak bisa diabaikan. Pertumbuhan berkaitan dengan bertambah panjangnya tulang, sehingga banyak membutuhkan kalsiurn, fosfor, dan vitamin D. Mineral seperti natrium, kalium, dan klor juga berperan dalam proses pertumbuhan anak. Karena itu, buah dan sayur menjadi faktor yang sangat penting karena mengandung berbagai mineral dan vitamin yang dapat dikonsumsi secara teratur dalam bentuk jus.

a. Jus Pepaya Jeruk Wortel

Bahan
50 gram pepaya kupas potong ukuran kecil, 50 gram wortel, kupas, potong ukuran kecil Air perasan jeruk nipis, Madu secukupnya

Cara Membuat
Masukkan pepaya dan wortel ke dalam juice extractor. Campur jus dengan air perasan jeruk nipis dan madu sesuai selera. Sajikan.

Cara Minum
Minum jus ini setiap hari dengan diselingi jus yang lain atau dikombinasi dengan buah yang lain, misalnya wortel tomat, wortel apel, wortel nanas, atau wortel mangga.

b. Jus Jambu Mangga

Bahan
50 gram jambu biji putih buang bijinya potong-potong, 50 gram mangga kupas potong ukuran dadu, 100 ml air matang

Cara Membuat
Campur jambu biji, mangga, dan air matang, lalu haluskan menggunakan blender.

c. Jus Kawoto

Bahan
20 gram kacang panjang, 50 gram wortel, 30 gram tomat, Madu secukupnya

Cara Membuat
Cuci bersih dan potong-potong semua sayuran, lalu haluskan menggunakan juice extractor. Tambahkan madu sesuai selera, aduk rata.

Cara Minum
Minum jus ini setiap hari, diselingi jus yang lain atau dikombinasi dengan buah yang lain. Misalnya, jus wortel tomat, wortel apel, wortel nanas, atau wortel mangga.

d. Jus Pisang Avokad

Bahan
50 gram pisang kupas, 50 gram avokad ambil daging buahnya, Madu secukupnya, 100 ml air matang

Cara Membuat
Campurkan pisang, avokad, dan air, lalu haluskan menggunakan blender. Tambahkan madu secukupnya, aduk rata.

e. Jus Srikaya Mangga

Bahan
50 gram buah srikaya ambil daging buahnya, 50 gram mangga kupas potong ukuran dadu, 100 ml air matang

Cara Membuat
Campur srikaya, mangga, dan air matang, lalu haluskan menggunakan blender. Sajikan.

f. Jus Apel Bayam

Bahan
50 gram apel kupas potong dadu, 20 gram bayam, 1 sdt madu, 100 ml air matang

Cara Membuat
Cuci bersih apel dan bayam, lalu campurkan air dan haluskan menggunakan blender. Tambahkan madu secukupnya, aduk rata.

Menguatkan Rambut

Rambut juga membutuhkan nutrisi berupa vitamin dan mineral. Buah dan sayuran yang mengandung biotin membantu memperkuat rambut. Biotin adalah zat bermanfaat yang merupakan bagian dari vitamin B komplek. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pada hewan, kekurangan biotin akan mengakibatkan rambut beruban dan rontok.

Terapi jus buah dan sayur yang mengandung biotin dapat membantu rambut tumbuh menjadi sehat dan indah. Namun, perlu diingat bahwa terapi jus hanyalah sebagai tambahan, karena mempunyai rambut yang subur dan indah merupakan hasil dari asupan makanan dan keseimbangan gizi di dalam tubuh.

a. Jus Pisang Apel

Bahan
50 gram pisang, kupas potong-potong, 50 gram apel kupas potong-potong, Air perasan jeruk nipis, 1 sdt madu, 100 mi air matang

Cara Membuat
Campurkan pisang, apel, air jeruk nipis, dan air matang, lalu haluskan menggunakan blender. Tambahkan madu secukupnya, aduk rata.Sajikan.

Pustaka

Jus untuk Kecerdasan, Kesehatan, & Daya Tahan Tubuh Anak Oleh dr. Prapti Utami

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s