Shalatnya Orang-Orang Awwabin

“Shalatnya orang-orang yang bertaubat (awwabin) adalah pada saat berdirinya anak unta karena teriknya matahari.” (HR Muslim). Yang dimaksud dengan awwabin adalah orang-orang yang sering bertaubat kepada Allah. Dari Abu Hurairah ra., Nabi Muhammad saw. bersabda, “Tidak ada menjaga shalat Dhuha kecuali awwab (orang yang taat dan dekat kepada Allah). Shalat itu adalah shalatnya orang-orang awwabin.” (HR. al-Hakim) Berdasarkan hadis tersebut beberapa ulama juga ada yang berpendapat bahwa shalat Dhuha dapat membuka pintu taubat seseorang. Isi yang mirip diriwayatkan HR. at-Tirmidzi, dari Abu Hurairah ra., Rasulullah bercerita, “Tidak ada yang memelihara shalat Dhuha kecuali orang-orang yang kembali kepada Allah (awwaab)”. Dan dia mengatakan, “Dan ia merupakan shalatnya orang-orang yang kembali kepada Allah (Awwaabin)”.

Dalam kedua hadis tersebut dikatakan bahwa orang-orang yang sering bertaubat selalu menjaga shalat Dhuhanya sehingga shalat Dhuha identik dengan shalatnya awwabin. Hal ini ditegaskan lagi dari sebuah hadis; Zaid bin Arqam ra. berkata, “Nabi Muhammad saw. keluar menuju penduduk Quba dan mereka sedang shalat Dhuha. Beliau bersabda, ‘shalat awwabin’ berakhir hingga anak unta merasa kepanasan!” (HR. Ahmad Muslim dan Tirmidzi).

Ada sedikit perbedaan pengertian tentang shalat awwabin. Sebagian ulama ada yang berpendapat bahwa shalat awwabin adalah shalat sunah yang dilakukan antara waktu Maghrib dan Isya, bukan shalat Dhuha. Sementara itu, ulama lain malah berpendapat bahwa yang dimaksud dengan shalat awwabin itu adalah shalat Dhuha. Namun, tak jadi soal. Menilik dari sudut kebahasaan, orang-orang awwabin selalu melakukan shalat dan menjaganya. Entah shalat Dhuha itu shalat awwabin atau bukan, yang jelas cerminan dari orang-orang awwabin (orang bertaubat) adalah yang sering melaksanakan shalat Dhuha.

Pustaka
Shalat Subuh dan Shalat Dhuha Oleh Muhammad Khalid

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s