Rahasia Teknik Memasak Sehat


Layaknya jantung yang memompa aliran darah ke seluruh organ tubuh, dapur juga merupakan sumber energi bagi seluruh anggota keluarga. Di dalamnya, mereka mendapatkan makanan yang memberi cukup tenaga untuk beraktivitas setiap hari. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa makanan yang dimasak di dalamnya merupakan makanan yang berkualitas. Pastikan bahan makanan tersebut diproses dengan tepat.

Cuci bersih semua buah dan sayur
Untuk menghilangkan sisa pestisida, cuci buah-buahan dan sayuran mentah di bawah air mengalir sebelum dimakan atau disiapkan. Bila perlu, bersihkan kotoran di kulitnya menggunakan sikat sayuran. Potong atau buang bagian yang rusak karena kemungkinan mengandung bakteri. Kajian yang dilakukan The Natural Resource Defense Council mendapati bahwa buah persik, seledri, ceri, stroberi, dan selada lebih berisiko terkontaminasi racun pestisida daripada sayur dan buah lain.

Cek peralatan dapur Anda
Jagalah selalu kebersihan peralatan memasak dan meja dapur dengan menyemprotkan antiseptik. Hal ini penting, terutama apabila kita memasak daging hewan karena sangat mudah terkontaminasi dengan bakteri.

Hindari melamin
Hindari alat dapur dan alat makan dari bahan melamin karena mengandung senyawa kimia yang cukup berbahaya, yaitu formaldehid. Senyawa tahan panas ini dipilih karena dianggap cocok digunakan sebagai wadah makanan panas atau dalam microwave. Padahal, air atau makanan panas yang tersimpan di dalamnya akan terkontaminasi oleh formaldehid.

Terlebih jika melamin berkualitas buruk dan oleh karena itu murah. Pengguna yang mengonsumsi makanan/minuman yang terkontaminasi formaldehid, dalam jangka panjang berpeluang terkena penyakit kanker. Oleh karena itu, sebaiknya hindari pemakaian perkakas melamin.

Pustaka
Cara Cerdas: Untuk Sehat Oleh Surya Sugani, Lucia Priandarini

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s