Investasi


Apa Itu Investasi
Investasi, pada dasarnya adalah pengorbanan yang dilakukan di masa sekarang untuk mengharapkan imbalan yang akan terjadi di masa yang akan datang. Sebagai contoh, Anda berinvestasi di properti dengan membeli sebidang tanah kavling dengan harapan kelak harganya akan naik. Artinya, Anda mengorbankan sejumlah uang yang semula bisa Anda gunakan untuk dikonsumsi saat ini. Dari investasi ini, Anda mengharapkan imbalan bahwa di kemudian hari properti Anda akan naik harganya melebihi harga yang Anda bayar saat ini. Inilah investasi.

Dalam investasi terdapat elemen waktu dan elemen risiko. Investasi dilakukan saat ini dan hasilnya baru diperoleh di waktu yang akan datang. Karena masa depan tidak pernah bisa dipastikan, maka ketika Anda berniat untuk melakukan investasi, Anda juga harus siap menghadapi segala risikonya. Misalnya, ketika Anda berinvestasi dengan membeli sebidang tanah, Anda akan menghadapi risiko seperti tiba-tiba terjadi banjir besar di wilayah tersebut yang kemudian mengakibatkan harga pasaran tanah kavling Anda menjadi jatuh.

Dalam berinvestasi, ada hukum yang menyatakan bahwa risiko dan imbalan (return) selalu sebanding. Ada investasi yang menawarkan risiko relatif kecil, tetapi biasanya keuntungannya juga tak seberapa. Namun ada pula investasi yang menjanjikan keuntungan besar, namun diikuti risiko yang tinggi pula. Inilah hukum dasar yang berlaku dalam investasi—sejak dahulu hingga sekarang.

Kalau dulu investasi lebih dipandang sebagai alat untuk membentuk kekayaan, saat ini investasi juga dianggap sebagai alat untuk membantu merencanakan masa depan. Kita tahu bahwa hidup di zaman sekarang serba sulit dan penuh dengan ketidakpastian. Pekerjaan tidak selalu menjamin karena pemecatan bisa terjadi kapan saja. Pensiun juga tidak akan dijamin, kecuali Anda mengabdi sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Di sisi lain, Anda menghadapi kebutuhan dana yang tak sedikit seperti membiayai pendidikan anak-anak Anda, merencanakan pensiun Anda, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Hal lain yang juga perlu Anda perhatikan adalah bahwa saat ini usia fisik seseorang cenderung lebih panjang dan peluang hidup seseorang menjadi lebih lama. Hal ini disebabkan salah satunya karena perkembangan pengetahuan tentang kesehatan dan teknologi kedokteran yang begitu pesat. Walaupun merupakan berita bagus, hal ini menuntut perencanaan keuangan yang lebih baik dan matang agar Anda bisa hidup dengan layak di usia senja Anda.

Pustaka-Investasi

Psp: Memulai Investasi Reksa Dana Oleh Nofie Iman

This entry was posted in Ekonomi and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s