Payudara

Gangguan pada payudara

Bagaimana ciri-ciri payudara sehat? Ciri-cirinya antara lain adalah strukturnya yang kenyal, tidak adanya benjolan dalam payudara, ukuran relatif sama, tidak ada luka pada payudara, dan warna kulit pada kedua payudara sama. Tetapi pada individu dan kondisi tertentu, gangguan-gangguan dapat ditemukan, antara lain:

Ukuran payudara yang tidak sama
Payudara perempuan mungkin saja memiliki ukuran yang berbeda antara yang kanan dan kiri. Jarang sekali perempuan memiliki payudara yang benar-benar simetris, dimana salah satunya biasanya lebih besar dan berat sehingga posisinya pun mungkin lebih rendah. Tetapi umumnya perbedaan ini tidak terlalu besar. Bila perbedaan ukuran payudara ini mengganggu penampilanmu, bisa digunakan busa tebal pada salah satu payudara yang lebih kecil. Tetapi bila sangat berbeda jauh dan mengganggu sekali maka kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menanyakan alternatif apa yang bisa dilakukan, seperti dengan operasi plastik, meski tentu saja ada risikonya. Konsultasi ke dokter juga perlu dilakukan apabila perbedaan ukuran payudara terjadi setelah masa pertumbuhan payudara sudah lama berakhir.

Daerah sekitar puting berbulu
Beberapa perempuan mungkin memiliki rambut-rambut halus di sekitar putingnya atau di sekitar areola. Hal ini normal-normal saja. Bila sangat mengganggu kamu bisa memotongnya dengan gunting kecil dengan hati-hati. Tetapi kamu perlu hati-hati bila menggunakan alat cukur karena kulit daerah payudara sangat sensitif. Bila tidak hati-hati ketika mencukur bisa menyebabkan peradangan atau infeksi pada kulit. infeksi yang dibiarkan dapat meluas disertai rasa nyeri, kemerahan, dan bengkak, dan bahkan dapat timbul abses (nanah).

Puting masuk ke dalam
Sebagian kecil perempuan memiliki puting payudara yang mengarah ke dalam, dimana kondisi normalnya puting payudara mengarah ke luar. Kondisi ini pun normal saja dan bukan merupakan gangguan kesehatan. Hanya saja kamu perlu memberi perhatian ekstra pada kebersihan puting karena kulit yang terlipat ke dalam bisa mengalami infeksi bila tidak dibersihkan dengan baik. Karena itu, sesekali bersihkan daerah puting dengan kapas dan baby oil secara perlahan dan lembut. Bila puting payudaramu yang sebelumnya mengarah ke luar tiba-tiba mengarah ke dalam maka sebaiknya kamu berkonsultasi ke dokter.

Ruam atau kemerahan di sekitar puting payudara
Hal ini biasanya menunjukkan adanya tanda-tanda infeksi, dengan atau tanpa adanya demam. Terutama apabila disertai pembengkakan atau rasa nyeri. Ruam juga bisa ditemukan pada kulit di bawah payudara karena panas atau keringat yang terendap pada bagian bawah lipatan payudara dapat menyebabkan timbulnya ruam. Bila kamu menemukan hal-hal seperti ini langsung konsultasikan ke dokter ya.

Pustaka-Payudara

Serba Serbi Kesehatan Perempuan: Apa yang Perlu Kamu Tahu tentang Tubuhmu Oleh Sallika NS

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s