Lilin Lebah Dalam Dunia Kesehatan

Lilin lebah aman dikonsumsi.

Sifatnya yang inert membuat produk ini tidak berinteraksi dengan sistem pencernaan dan masuk ke dalam tubuh tanpa mengalami perubahan berarti. Penggunaannya lebih banyak sebagai campuran obat seperti salep, pelapis kapsul, ataupun suppositoria. Zat yang dilapisi lilin lebah akan larut secara perlahan pada suhu yang lebih tinggi. Lilin lebah juga menciptakan campuran yang stabil antara air dengan salep atau krim. Semua sifat ini banyak dimanfaatkan di dunia farmasi.

Lilin lebah
juga memiliki efek antioksidan dan antiradang karena adanya kandungan propolis dan produk lebah lainnya. Mengunyah lilin lebah juga dapat membersihkan rongga mulut. Dapat pula dipakai para perokok yang berniat berhenti. Madu yang dicampur lilin lebah dan diberi vitamin juga banyak dipakai untuk memperkuat gusi, memperbaiki aliran liur dan asam lambung hingga akan menstimulasi metabolisme.

Di dunia dermatologi, lilin lebah dapat dipakai untuk menambah efek membunuh bakteri pada radang kulit dan luka serta untuk menstimulasi pertumbuhan jaringan. Lilin lebah banyak pula dipakai sebagai campuran propolis untuk obat mata.

Dalam dunia kesehatan, lilin lebah banyak digunakan untuk pembuatan patung, cat minyak, krayon, bahan pewarna, kertas minyak, pelapis lantai, pengawet logam, pelumas mesin, dan insulator. Pembuatan batik tulis juga menggunakan lilin lebah yang diambil dari lebah tanpa sengat genus Trigona. Di dunia kosmetik, lilin lebah digunakan untuk membuat shampo, krim kulit, minyak rambut, pemulas bibir, masker wajah, dan sebagainya.

Pustaka-Lilin Lebah Dalam Dunia Kesehatan

Terapi Madu Oleh dr. Aji Susanto

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s