Bisnis Itu Hanya Milik Beberapa Orang Saja

Kiat Sukses Bisnis

BAGAIMANA agar kita berhasil dalam menjalankan bisnis? Apa yang harus kita lakukan? Dan bagaimana kiat-kiatnya?
Tidak semua orang bisa berbisnis, walaupun mereka tahu bisnis, dan ingin sekali bisnis, tapi kenyataannya bisnis itu hanya miliki beberapa orang saja.

Yang paling penting dalam berbisnis yaitu:

Jual produk yang perputarannya cepat
Kenapa harus menjual produk yang per-putarannya cepat? Kalau kita menjual produk yang perputarannya lambat, tentu lama berkembangnya, keutungannya tidak memuaskan, tapi kalau perputarannya cepat walaupun margin keuntungannya sedikit itu akan lebih baik, apalagi bila perputarannya cepat dan margin keuntungannya banyak itu yang di idamkan oleh pelaku bisnis. Coba bayangkan misalnya bisnis permen yang harga ecerannya hanya Rp 100 (seratus rupiah), bos pabrik ini bisa hidup mewah, bisa menggaji karyawan banyak, bisa punya pabrik besar, bisa memasang iklan di TV yang bayarnya ratusan juta rupiah, padahal bisnisnya hanya permen yang harganya Rp 100 (seratus rupiah) saja. Mengapa mereka bisa sukses? Karena perputaran uangnya cepat walaupun uang yang di kumpulkannya hanya seratus rupiah saja. Seratus rupiah adalah harga eceran lalu berapa harga dari pabriknya? Kalau warung mengambil untung Rp 20 berarti dari agen adalah Rp 80 kalau Agen mengambil untung Rp 10 berarti dari distributor Rp 70 kalau distributor mengambil untung Rp 10 berarti dari pabrik harganya Rp 60. lalu berapa pabrik mengambil untung? Kalau pabrik mengambil untung Rp 10, kenapa dia bisa menggaji karyawan yang begitu banyak jumlahnya dengan gaji UMP, belum lagi ongkos kirim ke distributor, belum lagi bayar pajak. Toh semua itu bisa sukses dengan keuntungan Rp 10. itu semua di sebabkan perputaran bisnisnya yang sangat cepat. Bayangkan kalau untung Rp 10 tapi permennya terjual 1.000.000 (satu juta) buah sehari berarti pabrik akan mendapat untung Rp 10.000.000 (sepuluh juta rupiah), kalau satu bulan, berarti untung dalam satu bulan adalah Rp 300.000.000 (tiga ratus juta rupiah).

Dengan untung Rp 10 per buah bila perputarannya cepat maka hasil yang diperoleh menjadi Rp 300.000.000 (tiga ratus juta rupiah) dalam satu bulan. Luar biasa bukan?

Jual produk yang margin keuntungannya besar
Produk ini biasanya perputarannya tidak terlalu cepat namun sekali menjual akan mendapatkan keuntungan yang sangat banyak. Misalnya usaha kontraktor sekali dapat proyek nilanya trilyunan dan keuntungannya pun biasanya sangat besar. Atau misalnya produksi pesawat terbang, kapal laut, penemuan teknologi, robot dsb.

Jual produk yang dibutuhkan orang
Produk yang dibutuhkan banyak orang biasanya disebut juga dengan consumer good, misalnya sabun, pasta gigi, obat-obatan, detergen, dsb. Bila produk kita dibutuhkan orang maka penjualannya pun mudah, karena orang butuh dengan produk kita, bahkan produk kita pun dicari banyak orang, kita hanya produksi saja. Sabun misalnya, pasti orang akan membelinya karena butuh. Dan produk tersebut habis pakai, artinya produk itu dipergunakan maka akan habis, karena butuh maka ia akan beli lagi, habis lagi, beli lagi dst. Bisnis consumer good ini tidak akan mati selama dibutuhkan orang. Yang penting adalah mutu produk dan harga yang terjangkau. Karena biasanya produk-produk semacam itu persaingannya sangat ketat.

Carilah bisnis tanpa modal tanpa resiko
Bisnis menjualkan perumahan, broker property dengan keuntungan banyak dan tanpa modal, tanpa resiko juga. Tanpa modal karena sang pemilik rumah meminta broker untuk menjualkan rumahnya, resiko kerugian tidak ada. Tentu rumah yang dijualkan itu rumah resmi, bukan rumah sengketa. Ini bisnis yang cukup menantang bagi siapa yang dapat menjalankannya.

Pustaka-Bisnis Itu Hanya Milik Beberapa Orang Saja

Kiat Sukses Bisnis Kiat Sukses Kerja Oleh Ichsanudin

This entry was posted in Ekonomi and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s