Olahraga Apa Yang Membakar Lemak

Olahraga Menurunkan Berat Badan?

Anda ingin menurunkan berat badan. Saran yang Anda dapat dari teman-teman adalah agar Anda bergabung dengan sebuah tempat fitness, mulai mengangkat beban, dan menyewa personal trainer. Namun, Anda tidak mau mengangkat beban. Dari dulu Anda lebih tertarik pada yoga. “Apakah dengan yoga saya bisa menurunkan berat badan?”

Dalam tulisan saya yang berjudul “Olahraga Apa yang Membakar Lemak ?”(15 April di http://www.dennysantoso.com), dijelaskan bahwa apa pun bentuk olahraga yang Anda tekuni, jika dilakukan dalam rentang waktu yang cukup panjang serta intensitas menengah, maka tubuh Anda akan membakar lemak sebagai tenaga. Yang dimaksud dengan intensitas menengah adalah jika detak jantung Anda berdetak 65% dari detak maksimum Anda dan Anda masih sanggup melakukan aktivitas sambil berbicara tanpa ngos-ngosan. Rumus menghitung detak jantung, (220 – umur) x 65% per menit.

Anda menyukai yoga? Tenang saja. Anda masih bisa mencapai berat badan ideal karena yoga tergolong intensitas menengah. Usahakan berlatih yoga pada pagi hari, dalam keadaan perut kosong. Dengan kondisi demikian (kadar gula tubuh masih rendah setelah tidur selama lebih kurang delapan jam) beryoga akan membakar lemak tubuh sebagai tenaga. Namun jangan lupa, setelah berolahraga apa pun jenis dan bentuknya Anda wajib mengonsumsi makanan secara lengkap. Terutama jika olahraga yang dilakukan adalah pada pagi hari (perut kosong). Setelah berolahraga Anda wajib sarapan, sebelum akhirnya melanjutkan aktivitas sehari-hari.

Bagaimana dengan olahraga lain seperti bersepeda, berenang, atau hiking? Yang perlu Anda perhatikan adalah jika Anda melakukan olahraga ini di sore hari (setelah mengisi perut dengan banyak makanan, terutama karbohidrat), maka tubuh akan membakar karbohidrat, bukan membakar lemak (cadangan tenaga). Untuk membakar lemak, Anda harus menghabiskan karbohidrat terlebih dahulu karena karbohidrat adalah sumber utama tenaga. Lemak tidak akan dibakar selama karbohidrat masih tersedia. Oleh karena itu, dalam menurunkan berat badan, olahraga semacam berenang dan bersepeda dilakukan pada pagi hari, saat perut sedang kosong.

Pustaka-Olahraga Apa Yang Membakar Lemak

Rahasia Diet Oleh Denny Santoso

This entry was posted in Kesehatan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s