Mekanisme Terjadinya Perdarahan Nifas

Awal terjadinya proses perdarahan nifas secara umum hampir sama dengan terjadinya proses perdarahan haid, yaitu akibat terjadinya proses regresi atau deskuamasi dari lapisan endometrium uteri yang disebabkan oleh terjadinya peningkatan aktivasi dan pengaruh dari hormon prostaglandin’ serta penurunan aktivasi dan pengaruh dari hormon-hormon endokrin lainnya yang mempertahankan integritas dan eksistensinya dari lapisan endometrium uteri tersebut.

Perdarahan nifas adalah bentuk manifestasi dari upaya tubuh untuk melakukan evakuasi sisa-sisa hasil konsepsi dan drainase pada jalan lahir sebagai kelanjutan secara langsung dari terjadinya proses persalinan. Sedangkan, proses persalinan adalah proses pengeluaran janin dan plasenta dari dalam uterus tubuh seorang wanita, yang dapat terjadi akibat adanya kontraksi lapisan miometrium uteri yang terkoordinasi. Jadi, mekanisme awal terjadinya proses perdarahan nifas sangat terkait dengan terjadinya proses persalinan.

Mekanisme awal terjadinya proses persalinan masih belum dapat ditentukan secara pasti walaupun telah banyak penelitian dan teori yang telah dikemukakan. Suatu teori yang dikemukakan pada tahun 1965 mengatakan bahwa awal terjadinya proses persalinan dimulai sebagai akibat dari konvergensi sekumpulan faktor (hormonal, saraf, nutrisi, sirkulasi, dan struktural) yang secara bertahap makin menguat, pada waktu tertentu di masing-masing spesies, dan disesuaikan dengan keadaan morfologiknya masing-masing yang sangat berkaitan erat satu dan lainnya sehingga dapat menimbulkan evakuasi isi uterus (janin dan plasenta). Menurut beberapa studi dan teori mutakhir menunjukkan bahwa peranan hormon oksitosin dan prostaglandin sangat dominan dalam mengawali terjadinya proses persalinan, di samping juga diperkuat efeknya dengan adanya penurunan kadar dan pengaruh dari beberapa hormon yang berperan dalam mempertahankan keberadaan janin dan plasentanya di dalam rahim pada saat yang bersamaan. Telah terbukti bahwa jumlah reseptor hormon oksitosin di dalam sel desidua dan sel-sel pada lapisan miometrium uteri mengalami peningkatan pada masa kehamilan lanjut dan menjelang proses persalinan. Hormon oksitosin akan berikatan dengan reseptor-reseptor tersebut dan menginduksi pelepasan hormon prostaglandin, terutama PGE2. Kemungkinan hormon oksitosin tersebut akan meningkatkan pasase ion kalsium (Ca2′) ke sel-sel otot pada lapisan miometrium uteri sehingga dapat mengaktivasi kinerja aktin dan miosin sel-sel ototnya untuk menimbulkan terjadinya kontraksi fibrile miometrium uterinya.

Di sisi lain, pada saat yang bersamaan akan terjadi peningkatan pengeluaran dan pengaruh dari hormon prostaglandin yang dapat menimbulkan vasokonstriksi di lapisan miometrium dan endometrium uteri sehingga dapat mempercepat terjadinya proses iskhemia dan nekrosis pada sel-sel dan jaringannya. Kemudian akan memperkuat kontraksi pada otot-otot yang ada pada lapisan miometrium dan endometrium uterinya yang diikuti
dengan pecahnya beberapa pembuluh darah di daerah tersebut dan pengeluaran bloody show. Pada akhirnya akan mempercepat terjadinya proses pengeluaran janin dan plasenta yang diikuti pengeluaran lokhia dari dalam uterus dan vagina.

Dari studi-studi tersebut juga menunjukkan adanya kesan bahwa hormon oksitosin yang dikeluarkan dari sel-sel desidua tersebut juga terlibat dalam pengaturan pengaruh dari aktivasi hormonnya tersebut. Pada saat persalinan normal setelah melahirkan bayi, terjadi pengeluaran darah sebanyak 200-400 ml sebelum timbulnya retraksi (penarikan) otot-otot yang ada pada lapisan miometrium uteri, yang dilengkapi dengan kontraksi uterus yang kuat.

Pustaka
Problema haid: tinjauan syariat Islam dan medis Oleh H. Hendrik

This entry was posted in Kesehatan Wanita and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s