Tips Memulai Usaha

a. Buat perencanaan bisnis yang matang. Rencanakan segalanya, mulai dari tempat usaha di mana Anda bekerja, hingga siapa saja karyawan yang akan direkrut.

b. Carilah supplier/tukang barang bekas bahan dasar berupa sampah plastik dari bungkus mie instan, kopi sachetan, atau produk deterjen yang tidak robek apalagi rusak.

c. Siapkan peralatan berupa gunting, cutter, mesin jahit, benang jahit, kain vuring, dan lain sebagainya.

d. Mulailah dengan kelompok kecil. Memulai bisnis dengan sedikit orang akan mengurangi risiko bisnis berupa ketidaksamaan visi, perpecahan kelompok, atau anggota yang terlalu menuntut. Selain itu, dengan sedikitnya jumlah anggota ataupun karyawan, kita dapat memaksimalkan sumber daya yang ada.

e. Bahan-bahan sampah plastik yang kita dapatkan tidak selalu rapi, bersih, bahkan banyak yang terlipat-lipat. Kalau sampah plastik yang kita dapatkan kotor, bersihkan terlebih dahulu, rendam dengan deterjen, digosok, dibilas, lalu keringkan. Jemur sampai kering. Setelah kering, barulah Anda mulai mengerjakan dan mengolahnya menjadi barang kerajinan. Sampah-sampah plastik tersebut memiliki banyak bakteri dan kuman penyakit, maka kebersihannya harus tetap terjaga.

f. Kreasikan bahan semenarik mungkin. Padu padankan sampah-sampah plastik satu dengan yang lainnya. Sampah plastik bahkan dapat dikombinasikan dengan bahan kertas, plastik, kaca, maupun
kain. Dalam tahap ini, kemampuan menggunting dan melipat kita benar-benar diuji. Berlatihlah setiap hari teknik gunting, teknik memotong, dan teknik menjahit.

g. Dalam merekatkan sampah plastik, perhitungkan tata letak gambar maupun komposisi sampah plastik tersebut. Jangan asal tempel, nanti hasilnya tidak bagus. Aspek visual adalah titik utama yang dijual dari bisnis ini selain isu ramah lingkungan tentunya.

h. Buat pembagian tugas dalam proses produksi. Spesialisasi kerja dalam proses produksi sampah plastik membuat produk lebih cepat dibuat. Misalnya pada pembuatan tas tangan tahapan produksinya adalah:
– Membersihkan dan merapikan guntingan sampah,
– Menjahit sampah sesuai pola tas yang akan dibuat,
– Memasang ritsleting,
– Memasang pegangan tangan.

Jika satu tas dikerjakan oleh satu orang pasti akan memakan waktu lama. Ajak teman atau kerabat dekat Anda untuk menjalankan usaha bersama. Pekerjaan pun menjadi lebih efisien dan efektif.

i. Apabila ada produk yang tidak layak jual, dapat Anda jadikan sebagai sarana promosi atau contoh bahan workshop acara ibu-ibu PKK ataupun arisan RT.

j. Pasanglah label pada produk yang telah jadi. Label akan membuat produk terlihat semakin elegan dan meningkatkan kesan positif.

k. Perhatikan dengan jelas siapa pangsa pasar Anda. Siapa yang akan membeli produk Anda? Banyak sekali. Dimulai dari tetangga Anda, kerabat, sampai ke teman-teman di situs jejaring sosial. Namun yang pasti, orang-orang yang menyukai produk Anda biasanya orang-orang yang concern terhadap isu lingkungan. Masukilah komunitas-komunitas pecinta lingkungan seperti Green Peace, komunitas Bike to Work,atau bahkan komunitas organisasi lingkungan hidup seperti WWF yang sering menyelenggarakan penyuluhan kepada instansi pendidikan ataupun masyarakat luas.

I. Bangun jaringan setiap saat dan jangan pernah berhenti. Berkomunikasilah selalu dengan rekan-rekan bisnis Anda, tidak
terkecuali keluarga Anda yang akan selalu menjadi pembeli awal. Banyak cara membangun jaringan. Bisa lewat jaringan Internet, melalui situs jejaring sosial, forum-forum diskusi, ataupun blog. Anda juga bisa mendatangi instansi tertentu untuk memberikan surat penawaran berupa penggunaan produk, pemesanan, atau workshop untuk karyawan ataupun istri mereka.

m. Jangan buang bahan sisa karena dapat digunakan sebagai bahan penambah busa bantal, sofa, ataupun jok mobil.

Pustaka
Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta Oleh A. Primasetra

This entry was posted in Bisnis and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s