Mengetahui Paket Web Hosting

Setiap perusahaan hosting pastinya sudah menyediakan beberapa pilihan paket hosting yang bisa dipilih, tentunya dengan spesifikasi berbeda. Sebelum Anda memutuskan untuk memilih paket hosting tertentu maka tentukan dulu tujuan web yang Anda buat itu untuk apa. Jika memilih hosting, pastikan Anda memilih paket hosting yang bisa di-upgrade ke paket lainnya, untuk mencegah jika suatu saat space dan bandwidth dari web Anda ‘membengkak’.

– Paket Standar (Paket Personal atau Paket Starter)
Paket standar biasanya digunakan untuk membuat web blog, atau web standar. Bisa juga sebagai bahan latihan atau experimental dalam pembuatan web secara online. Ukuran space harddisk:100-250 MB dan bandwidth:15GB/bulan.

– Paket Medium
Paket ini bisa digunakan untuk web dengan basis CMS, toko online, dan website dinamis. Paket ini memiliki ukuran space harddisk:250-350 MB dan bandwidth:30GB/bulan.

– Paket Premium
Cocok untuk web profesional yang sering di update, maupun untuk instansi perusahaan atau pemerintahan. Ukuran space harddisk:500-750 MB dan bandwidth:60GB/bulan.

– Paket VPS
Virtual Private Server (VPS) merupakan paket hosting yang memiliki resource yang besar, baik untuk space hosting, bandwidth atau fitur lainnya. Biasanya digunakan untuk situs yang setiap hari di-update dan dikunjungi ribuan visitor. Bisa juga digunakan untuk membuat layanan multi blog atau situs jaringan sosial berskala kecil. VPS biasanya terdiri dari beberapa server besar yang di-cluster dan dibagi menjadi beberapa server kecil dalam bentuk virtualisasi sistem operasi. Ukuran space harddisk 5-10 GB dan bandwidth:100GB/bulan.

– Paket VPS-Streaming
Paket ini bisa digunakan untuk hosting atau server radio online, bisa juga untuk video streaming. Contohnya radio pramborsfm.com. Ukuran space harddisk 5-10 GB dan bandwidth:100GB/bulan.

– Paket VPS-Reseller
Paket ini biasanya digunakan bagi yang ingin menjual ulang paket hosting, biasanya disesuaikan dengan kebutuhan atau budget-nya. Selain reseller hosting, biasanya juga disediakan reseller domain. Biasanya akan disediakan juga IP Public dan register asli domain akan disembunyikan.

– Dedicated Server
Dengan menggunakan dedicated server maka server akan terpusat, sebab tidak di share lagi dengan user lainnya. Biasanya digunakan untuk situs-situs besar yang trafiknya tinggi. Fitur yang tersedia tentu saja sangat lengkap. Fitur yang disediakan juga lebih lengkap dibandingkan dengan shared hosting biasa.

– Colocation Server
Biasanya server akan disediakan oleh Anda dan akan ditempatkan pada tempat hosting. Pihak hosting akan menghubungkan dengan internet dan mengelolanya.
Hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih paket hosting adalah lokasi server yang digunakan, jika website yang Anda miliki ingin diakses secara cepat maka gunakan server yang berada di Indonesia, misalnya saja dengan memilih IIX. Sedangkan jika Anda ingin pengakses web berasal dari luar dan agar SEO-nya lebih optimal, maka gunakan server yang berasal dari luar negeri, contohnya server USA atau Texas. Untuk lebih detail mengenai fitur atau paket yang tersedia bisa ditanyakan langsung ke perusahaan web hosting ya.

Pustaka
Menggunakan Kontrol Panel Hosting itu Gampang Oleh MataMaya Studio

This entry was posted in Internet and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s